SIAKBA: Terobosan Digitalisasi Administrasi Penyelenggara Pemilu

Surabaya, sumbar.kpu.go.id – KPU terus melakukan inovasi untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan kerja kepemiluan, terkhusus untuk mendukung pelaksanaan tahapan pemilu dan pemilihan. Sebagai langkah dalam penyesuaian kebutuhan terhadap proses digitalisasi administrasi penyelenggara pemilu, dikembangkan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan AdHoc (SIAKBA). Sistem informasi ini ditujukan sebagai alat bantu proses pendaftaran, dimana aplikasi SIAKBA ini akan mempermudah proses rekrutmen menjadi lebih modern, transparan dan akuntabel. Selain itu, sistem informasi ini juga akan menjadi basis data pengadministrasian sumber daya manusia (SDM) yang menjadi penyelenggara baik anggota KPU maupun badan adhoc di setiap pemilu dan pemilihan.

“Setelah SIAKBA ini diluncurkan, KPU akan laksanakan uji coba secara nasional, agar nanti ketika digunakan, aplikasi ini siap dipakai tanpa kendala. Ini merupakan bentuk ikhtiar KPU dalam menjawab berbagai tantangan dalam seleksi dan pengadministrasian Anggota KPU dan Badan Adhoc”, jelas Hasyim Asyari, Ketua KPU, saat membuka kegiatan Pelatihan SIAKBA yang diikuti perwakilan KPU/KIP Provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Surabaya, 29 September – 1 Oktober 2022.

Dalam pelatihan ini dipaparkan konsepsi SIAKBA sebagai sistem pemerintah berbasis elektronik, yang diharapkan mampu memudahkan proses seleksi anggota KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dan Badan Adhoc. Urgensi lahirnya aplikasi berbasis website ini adalah sebagai database penyelenggara pemilu. Dalam sistem digital SIAKBA dirancang untuk melakukan tracking dimana melalui aplikasi ini akan lebih mudah melacak dokumen yang dibutuhkan. Namun penting untuk dicatat publik, walaupun mulai beralih secara digital,dalam prosesnya dokumen fisik tetap dibutuhkan, terutama dalam menghadapi sengketa dan verfikasi terkait dengan keabsahan dokumen.

KPU Provinsi Sumatera Barat dalam pelatihan ini mengutus Kepala Bagian Hukum dan SDM, Aan Wuryanto, Kepala Sub Bagian SDM, Melisa Mivadila, serta staf yang akan menjadi operator, Irma Novita. Pelatihan ini merupakan kali kedua aplikasi SIAKBA diperkenalkan ke KPU Provinsi, dimana sebelumnya juga sudah dilaksanakan Rapat Uji Coba dan Panduan Teknis SIAKBA pada 20-22 September lalu yang diikuti Ketua Divisi Sodiklih, Parmas dan SDM KPU Sumbar, Izwaryani.* (SDM - IN)

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Dilihat 408 Kali.